• TANAH lOT

    Tanah Lot' adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali..

  • CANDI PRAMBANAN

    Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yang terletak di Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

  • TITLE

    TEXT

Taman Prasasti Jakarta

Kamis, 10 Desember 2009

Patut berbangga museum taman prasasti, menjadi pemakaman tertua yang ada di dunia. Makam peninggalan zaman Belanda ini sudah berusia 213 tahun, Makam ini menjadi taman pemakaman resmi pertama di dunia.

Dahulu disebut Kerkhof laan, letaknya di jalan Tanah Abang I Jakarta Pusat, dekat dengan kantor Walikota Jakarta Pusat. Di bandingkan pemakaman lain, seperti pemakaman yang terdapat di Singapura Fort Canning Park (1926) Gore Hill di Sydney (1868), La Chaise Cemetery di Perancis dan Mount Auburn Cemetery di Cambride, Massachusetts , Amerika (1831), yang di klaim sebagai taman pemakaman modern pertama di dunia dan di tetapkan sebagai national historical land mark. Taman prasasti tetap yang tertua (1795). Namun sayang Taman ini belum tercatat sebagai warisan dunia (UNESCO).

Lebih hebat lagi Taman Prasasti ini memiliki koleksi nisan zaman kolonial Belanda yang terbesar di Asia Kerkhof laan dibangun pada akhir masa VOC, untuk mengantisipasi kepadatan penduduk kota Batavia sejak menjadi kota perdagangan internasional.

Pada tahun 1808 Gubernur Jenderal Dandels melarang kebiasaan menguburkan jenazah di tanah pribadi dan di dalam Gereja.

Di Taman ini terdapat beberapa tokoh sejarah yang makamnya masih ada, diantaranya isteri dari Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Raffles, Olivia Mariamne Raffles yang meninggal pada tahun 1814. Dr hf Roll (1867-1935), Miss Riboet alias Miss Tjitjih, (1900-1965) dan Shoe Hok Gie (1942-1969). Saat ini jumlah nisan hanya tinggal 1.242 dari 4.600 nisan yang pernah ada????????.

0 komentar:

/baca /bye /ding /hore /joget
/kembik /love /marah /melet /mencak
/nangis /ngayal /puyeng /serem /stres

Posting Komentar

 
jalan jalan © 2009 Im.cank Style Template Design By cank And cank
Publisher : Im.cank bandmagz/