• TANAH lOT

    Tanah Lot' adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali..

  • CANDI PRAMBANAN

    Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yang terletak di Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

  • TITLE

    TEXT

Pempek Palembang

Selasa, 15 Desember 2009

Pempek Palembang. Pempek memiliki berbagai jenis variasi. Yang paling terkenal dan sering Anda jumpai adalah variasi Lenjer, Lenggang, atau Kapal selam. Tapi tahukah anda, kalau di kota kelahirannya, Palembang, Pempek memiliki banyak variasi lainnya.

Bukan hanya lebih kaya variasi, Pempek di Palembang juga lebih asam saus cukanya dan lebih banyak ikan atau bahan-bahan yang tenggirinya Belida. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi kota di Sumatera Selatan, Anda akan dengan mudah menemukan tempat yang menjual Pempek. Mulai dari restoran ke toko-toko di sudut.

Jika Anda biasanya menu Pempek hanya berisi tiga variasi di atas, di Palembang, semakin lama menu. Ada Pastel Pempek berbentuk seperti pie dan aduk dengan pepaya muda, ebi yang dimasak dengan santan, rempah-rempah dan bawang merah, bawang putih, lada dan garam. Anda dapat memakan mereka seperti sebagian besar warga Palembang, yang cukup untuk merebusnya, atau bisa juga digoreng. Rasanya gurih dan lezat!

Ada pula Pempek Kerupuk yang dibuat dengan adonan yang lebih lembut dan lebih isi dari ikan, sehingga bisa dibentuk seperti kerupuk keriting. Rasa semua keadaan Pempek bulat dan biasanya selalu dijual dalam keadaan sudah digoreng. Selain ikan dan tepung sagu, adonan juga dicampur dengan pempek negara telur dan irisan bawang.

Sesuai namanya, Pempek Kulit terbuat dari kulit ikan, sisa-sisa daging ikan yang telah dibuat Pempek jenis lainnya. Sebelum dicampur ke dalam adonan, kulit ikan ini dihancurkan. Kemudian tambahkan telur ke adonan lebih empuk. Sementara Pempek Tunu yang berbentuk bulat pipih biasanya disajikan dengan cara dipanggang di atas api, kemudian dipotong dua, tetapi tidak sampai terganggu. Belahan itu kemudian diisi dengan ebi, kecap dan saus sambal, dan dimakan tanpa saus dan cuka.

Ada juga Pempek Tahu yang tentunya berisi tahu. Namun, jenis ini kurang populer, karena mirip penganan lain yang disebut Model. Warga Palembang biasanya lebih menyukai model bukan Pempek Tahu. Satu hal lagi, jangan pernah lupa untuk makan apapun merek dagang pempek dengan putih bersih, tebal, bulat dan keras, namun membuat pempek jadi dua kali lipat lebih lezat!

Banyaknya variasi Pempek ini kembali membuktikan betapa kaya berbagai kuliner Indonesia akan yang menjadi ciri khas kota-kota dari Sabang sampai Marauke.

0 komentar:

/baca /bye /ding /hore /joget
/kembik /love /marah /melet /mencak
/nangis /ngayal /puyeng /serem /stres

Posting Komentar

 
jalan jalan © 2009 Im.cank Style Template Design By cank And cank
Publisher : Im.cank bandmagz/